Minggu, 07 Oktober 2012

Ibnu Rusyd (Perintis Ilmu Jaringan Tubuh)


Ibnu Rusyd adalah seorang ilmuwan muslim yang cerdas dan menguasai banyak bidang ilmu, seperti Al Qur’an, fisika, kedokteran, biologi, filsafat dan astronomi. Ibnu Rusyd lahir pada tahun 1198 di Kordoba, Spanyol. Di Barat, ia dikenal dengan nama Averroes. Ibnu Rusyd adalah seorang tokoh perintis ilmu jaringan tubuh (histology). Ia pun berjasa dalam bidang penelitian pembuluh darah dan penyakit cacar.

Ibnu Rusyd dapat digolongkan sebagai seorang ilmuwan yang multitalenta. Sebagai seorang ahli filsafat, ia juga dikenal sebagai pakar di bidang kedokteran, sastra, logika, ilmu pasti, dan ilmu agama. Sehubungan dengan itu, ia sangat menguasai tafsir Al Qur’an dan Hadist, dan juga ilmu hukum dan fiqih.

Disela-sela kesibukannya sebagai dokter dan hakim agung, Ibnu Rusyd menyempatkan diri untuk menulis. Ia menghasilkan lebih dari dua puluh buku kedokteran. Salah satunya adalah al Kulliyyat fi at Tibb.

Ibnu Rusyd juga seorang ahli filsafat yang cerdas. Pada masa itu, buku-buku Aristoteles yang diterbitkan masih sangat sedikit dan sulit dipahami. Menyadari hal tersebut, bahkan melengkapinya. Ibnu Rusyd juga menerjemahkan dan melengkapi sejumlah karya para pemikir Yunani lain, seperti Plato yang mempunyai pengaruh selama berabad-abad.

Dibidang ilmu agama, Ibnu Rusyd menghasilkan sejumlah karya, seperti Tahafut al Tahaful, sebuah kitab yang menjawab serangan Abu Hamid al Ghazali terhadap para filsuf terdahulu. Sebagai seorang ahli ilmu agama dan filsafat, Ibnu Rusyd dianggap cukup berhasil mempertemukan hikmah (filsafat) dengan syari’at (agama dan wahyu).

Sumber : Biografi Para Ilmuwan Muslim



Tidak ada komentar:

PERHATIAN !!!

Jika ada link download yang rusak, mohon tinggalkan komentar di GUEST BOOK yang ada di sebelah kanan anda.