Minggu, 04 November 2012

Keterampilan Dasar Mengajar


Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan standar yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam melakukan pengajaran. Penguasaan keterampilan dasar mengajar akan dapat membedakan mana guru yang professional dan mana yang tidak professional, serta mana guru yang sudah memenuhi persyaratan kompetensi dan mana yang belum memenuhi persyaratan kompetensi.

Sejumlah keterampilan dasar tersebut harus dimiliki oleh seorang guru dalam mengerjakan tugas profesionalnya agar dapat berhasil secara optimal. Adapaun keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh guru, antara lain :

1. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2. Keterampilan menjelaskan
3. Keterampilan bertanya
4. Keterampilan mengelola kelas
5. Keterampilan mengadakan variasi
6. Keterampilan memberikan penguatan
7. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
8. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penjelasan dari 8 keterampilan dasar mengajar diatas, silahkan kalian baca tulisan dibawah ini :

A. KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
1. KETERAMPILAN MEMBUKA
Pengertian :

Adalah kegiatan dan usaha yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan kondisi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai yang ditujukan bagi siswa agar siap (baik secara fisik maupun mental) untuk memusatkan perhatian kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan guru.

Tujuan/Komponen :
a) Memberikan kesiapan fisik dan mental siswa
b) Menumbuhkan minat dan perhatian siswa
c) Menumbuhkan motivasi belajar siswa
d) Membuat kaitan antara pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki siswa dengan materi yang akan diberikan

2. KETERAMPILAN MENUTUP
Pengertian:

Adalah kegiatan mengakhiri pelajaran dengan cara menyimpulkan secara menyeluruh tentang kompetensi yang telah dikuasai serta keterkaitannya dengan kompetensi-kompetensi yang dikuasai dan dipersyaratkan pada proses pembelajaran sebelumnya.

Tujuan/Komponen :
a) Meninjau kembali
b) Evaluasi tentang tingkat keberhasilan belajar siswa dan guru


B. KETERAMPILAN MENJELASKAN
Pengertian :

Adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan, antara sebab akibat, yang diketahui dan yang belum diketahui.

Komponen :

a) Penjelasan harus terang dan tidak samar
b) Penggunaan contoh-contoh
c) Penekanan atau pementingan
d) Umpan balik

Prinsip :

a) Penjelasan bisa diberikan diawal, pertengahan atau akhir
b) Adanya kontak pribadi secara terus menerus antar guru dengan murid selama proses KBM
c) Harus menguasai dan meyakinkan dalam menjelaskan materi
d) Penjelasan harus menarik dan sesuai dengan SK, KD dan indicator
e) Penjelasan harus disesuaikan dengan latar belakang dan tingkat kemampuan siswa

Tipe :
a) Tipe Generalisasi
b) Tipe Generalisasi Berdasarkan Maksud dan Fungsi
c) Tipe Serial

Langkah-langkah :
a) Perencanaan
• Isi pesan (materi)
• Penerima pesan (siswa)
b) Penyajian


C. KETERAMPILAN BERTANYA
Komponen :

a) Keterampilan bertanya tingkat dasar
• Pertanyaan harus jelas dan singkat
• Pemberian tuntunan
• Pemberian waktu berfikir
• penyebaran
b) Keterampilan bertanya tingkat lanjut
• Mengatur urutan pertanyaan
• Pertanyaan bersifat melacak
• Meminta jawaban yang lebih kompleks
• Mengungkapkan terjadinya interaksi

Tujuan :
a) Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu pokok bahasan.
b) Memusatkan perhatian siswa terhadap suatu pokok bahasan atau konsep.
c) Mendiagnosis kesulitan-kesulitan khusus yang menghambat siswa belajar.
d) Mengembangkan cara belajar siswa aktif.
e) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasimilasikan informasi.

Jenis-jenis :
Pertanyaan menurut tujuan
a) Pertanyaan permintaan
b) Pertanyaan retoris
c) Pertanyaan mengarahkan
d) Pertanyaan menggali
Pertanyaan menurut tingkat kesulitan jawaban
a) Pertanyaan pengetahuan
b) Pertanyaan pemahaman
c) Pertanyaan aplikatif
d) Pertanyaan analisis
e) Pertanyaan sintesis
f) Pertanyaan evaluasi


D. KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
Pengertian :

Adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan pada kondisi belajar yang optimal.

Komponen :
a) Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal
• Sikap tanggap
• Membagi perhatian
• Pemusatan perhatian kelompok
b) Keterampilan yang berhubungan denganpengembangan kondisi belajar yang optimal
• Memodifikasi tingkah laku
• Pendekatan pemecahan masalah kelompok

Prinsip :
a) Hangat dan antusias
b) Tantangan
c) Bervariasi
d) Keluwesam
e) Penekanan pada hal-hal yang positif
f) Penanaman disiplin diri



Tidak ada komentar:

PERHATIAN !!!

Jika ada link download yang rusak, mohon tinggalkan komentar di GUEST BOOK yang ada di sebelah kanan anda.