Minggu, 07 Oktober 2012

Al Biruni (Ahli Penanggalan Tarikh)


Nama lengkap al Biruni adalah Abu ar Rayhan Muhammad bin Ahmad al Biruni. Ia dilahirkan di kota Bairun, sebuah kota yang menjadi wilayah Khawarizmi, Persia pada tahun 973. Keluarga al Biruni adalah berkebangsaan Iran.

Para ilmuwan modern menyebut al Biruni sebagai salah satu ilmuwan terbesar pada abad pertengahan. Ia juga dikenal sebagai sarjana yang cerdas, berbakat, dan mempunyai pikiran yang orisinil. Ia mahir matematika, astronomi, fisika, geografi, sejarah, bahasa dan budaya.

Al Biruni telah menulis banyak buku matematika dan astronomi. Bukunya yang terkenal dan terlengkap adalah kitab al Qanun al Mas’udi fil Haya wan Nujum, sebuah buku ensiklopedi astronomi, geografi dan matematika.

Selain menguasai ilmu eksakta, al Biruni juga mahir ilmu filsafat, agama dan sejarah. Para ulama Timur dan Barat menganggapnya sebagai penulis sejarah peradaban bangsa Timur yang paling detail.

Selama hidupnya, al Biruni telah menulis sejumlah karya, baik dalam bidang astronomi maupun arsitektur. Karya tersebut antara lain : Al Irsyad, Tahdid Nihayat al Amakin Litashih Masafat al Masakin, at Tafhim Liawali Sina’at at Tanjim, Istikhraj al Autar, as Saidalah, Risalah fi an Nasab Bain Ahjan al Ma’adin wa al Jawahir, dan Risalah fi an Nasab Bain al Fizat wa al Jawahir fi al Hajm. Di kemudian hari karya-karya tersebut di terjemahkan dalam berbagai bahasa, seperti : Latin, Ibrani, Itali dan Inggris. Al Biruni meninggal dunia pada tahun 1050 di Afghanistan.

Sumber : Biografi Para Ilmuwan Muslim

Tidak ada komentar:

PERHATIAN !!!

Jika ada link download yang rusak, mohon tinggalkan komentar di GUEST BOOK yang ada di sebelah kanan anda.